Tim Kelompok Kerja (Pokja) Mahkamah Agung RI – Sustain EU–UNDP,  melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Implementasi Mediasi di Pengadilan Negeri Cibinong Kelas I A, selama 2 (dua) hari Selasa - Rabu, tanggal 7-8 Nopember 2017.

 

Kelompok Kerja Monitoring dan Evaluasi Implementasi Mediasi ini diketuai oleh Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.H., M.H., dengan anggota Fatahillah Syukur dari Sustain EU-UNDP, Rahmad Arijaya, S.Ag., M.Ag., dari Pokja ADR MA-RI, Sri Mamudji, S.H., L.LM, Konsultan, dan Purwanto, staf Kamar Pembinaan MA-RI. Turut hadir pula dalam Monev ini Agus Riyadi, S.H., M.H., Hakim Tinggi Pengawas Pengadilan Tinggi Jawa Barat untuk Pengadilan Negeri Cibinong.

 

Hari pertama, Selasa, 7 Nopember 2017, kegiatan ini diawali Opening Meeting yang dihadiri oleh pimpinan, para hakim, pejabat struktural dan fungsional, serta seluruh pegawai Pengadilan Negeri Cibinong di Ruang Sidang Kusumah Atmadja, dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan yel-yel, kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua Pengadilan Negeri Cibinong, Lendriaty Janis, S.H., M.H., pengantar Monev oleh Fatahillah Syukur dari Sustain EU-UNDP, dan pengantar dari Ketua Pokja Monev Implementasi Mediasi, Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.H., M.H..

 

Selanjutnya tim melaksanakan monitoring dan evaluasi dalam 4 (empat) bidang, yaitu Tertib Administrasi dan Ketersediaan Dokumen, Sarana dan Prasarana Mediasi, Kebijakan Pimpinan mengenai Mediasi, dan Administrasi Mediasi di SIPP, dengan metodologi:

 

1.    Monitoring dokumen, register, formulir, laporan, arsip, dan aplikasi SIPP terkait mediasi;

 

2.    Wawancara pimpinan, hakim mediator, petugas khusus mediasi dan register mediasi, administrator SIPP, dan petugas meja informasi;

 

3.    Monitoring sarana dan prasarana mediasi; dan

 

4.    Observasi, dokumentasi dan pemeriksaan fisik segala hal terkait mediasi.

 

Setelah tim melakukan musyarawah dalam penilaian dari monitoring dan evaluasi ini, kemudian hasilnya dipaparkan dalam Expose hasil Monev pada hari kedua, Rabu, 8 Nopember 2017. Hasilnya didapat beberapa temuan yang bersifat minor sebagai bahan evaluasi ke depannya, namun yang membanggakan adalah Pengadilan Negeri Cibinong dalam skala penilaian 0-100%, mendapat nilai 94% dengan predikat Sangat Baik. dengan hasil tersebut, Pengadilan Negeri Cibinong mendapat nilai tertinggi dalam Monitoring dan Evaluasi oleh tim Pokja Implementasi Mediasi yang dilakukan di 16 peradilan di bawah Mahkamah Agung RI.

 

Setalah pemaparan (expose) oleh tim, Hakim Tinggi Pengawas Pengadilan Tinggi Jawa Barat untuk Pengadilan Negeri Cibinong, Agus Riyadi, S.H., M.H., dalam pembinaannya berharap Pengadilan Negeri Cibinong menjadikan temuan-temuan dari monev ini sebagai acuan mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja dalam penyelesaian mediasi dengan perdamaian.

 

Monitoring dan Evaluasi Implementasi Mediasi ini ditutup dengan penandatanganan dan penyerahan laporan hasil Monev dari tim Pokja kepada Ketua Pengadilan Negeri Cibinong dan Hakim Tinggi Pengawas.

 

Pengadilan Negeri Cibinong Kelas I A, LUAR BIASA..... Salam SIMPATIK.

 

(PNCbi/Humas)