Bogor 12 Desember 2014, Ketua Pengadilan Negeri Cibinong, IBu Hj. Diah Sulastri Dewi SH MH menghadiri rapat fasilitasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bogor di Ruang Rapat Serbaguna Pemkab Bogor.

Hadir dalam Rapat tersebut PLT Bupati Bogor ibu Hj. Nurhayanti, Ketua DPRD Kab. Bogor, Danlanud ATS, Danrem 061 Surya Kancana, Dandempom III/1, Kapolres Bogor, Kapolres Depok, Camat se- Kabupaten Bogor, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Rapat dibuka dengan sambutan dari PLT Bupati Bogor ibu Hj. Nurhayanti yang menyampaikan tentang jadwal pemilihan Kepala Desa di wilayah kabupaten Bogor yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 21 Desember 2014. Bupati Bogor mengingatkan tentang pentingnya pengamanan pemilihan Kepala Desa ini yang juga pelaksanaan berdekatan dengan Pengamanan hari raya Natal 2014 dan Perayaan tahun baru 2015. Bupati Bogor meminta seluruh pihak dapat mendukung dan menjaga suasana kondusif serta melaksanakan upaya-upaya yang maksimal untuk pengamanan 3 acara besar tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Bogor menjelaskan, untuk menjaga keamanan Kabupaten Bogor menjelang hari Natal dan Tahun baru 2015 akan dilakukan operasi pengamanan Natal dan tahun baru, untuk meningkatkan kewaspadaan menjelang Natal 2014 dan Tahun baru 2015. Polres Bogor akan menyiapkan pos-pos pengamanan (Pospam) terutama di jalur-jalur rawan kemacetan. Pengamanan tersebut dilakukan terutama di daerah Puncak dan Jalan Tegar Beriman. Untuk pengamanan pemilihan Kepala Desa, Kapolres Bogor mengingatkan untuk mengantisipasi potensi konflik-konflik terkait Pemilihakan Kepala Desa, untuk itu Polres Bogor perlu mengadakan Koordinasi dengan Para Camat sekabupaten Bogor beserta perangkat dibawahnya untuk mendeteksi dan mengantisipasi timbulnya konflik-konflik menjelang dan pada saat pemilihan desa berlangsung.

Selanjutnya, Kajari Cibinong menuturkan bahwa kunci dari terciptanya kondisi aman adalah adanya sinergi aparat dan kebersamaan masyarakat karena pada hari perayaan nasional seperti tahun baru akan dijadikan sebagai ajang anak muda untuk melakukan perayaan-perayaan salah satunya adalah pesta miras oplosan. Untuk itu, perlu disosialisasikan tentang bahaya miras oplosan kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Bogor.

Menanggapi hal tersebut Ketua Pengadilan Negeri Cibinong, Ibu Hj. Diah Sulastri Dewi, SH.,MH menyampaikan beberapa point, yaitu : Pertama, meningkatnya kasus Kekerasan terhadap anak salah satunya dikarenakan pelaku tindak kejahatan mengkonsumsi minuman keras sebelum melakukan tindak pidana. Untuk itu, perlu adanya Regulasi misalnya Regulasi dengan dibuatnya Perda tentang Minuman Keras (miras). Pengadilan Negeri Cibinong juga memberikan apresiasi terhadap Kapolres dan Kapolsek di wilayah kabupaten Bogor atas kerja kerasnya selama kegiatan operasi zebra penertiban lalu lintas di wilayah kabupaten Bogor, dimana pada hari ini, hampir 3.000 perkara pelanggaran lalu lintas sudah masuk ke Pengadilan Negeri Cibinong.

Selanjutnya,point kedua adalah Ketua Pengadilan Negeri Cibinong mengingatkan dalam upaya menjaga ketertiban dan keindahan serta kenyamanan masyarakat kabupaten Bogor, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor harus lebih memperhatikan Pedagang Kaki Lima yang tidak tertib yang berjualan di wilayah yang tidak diijinkan misalnya diarea Trotoar dan Jalan Utama sehingga keberadaannya menggangu kepentingan Masyarakat lainnya seperti para pejalan kaki serta para pengendara yang jalannya terpakai oleh para Pedagang Kaki lima ini.

Dalam kesempatan ini pula Ketua Pengadilan Negeri Cibinong menyampaikan bahwa dalam rangka menyongsong program Pengadilan Negeri Cibinong yaitu Pelayanan Hak identitas kepada Masyarakat Kabupaten Bogor yang tidak mampu dengan kegiatan sidang keliling terpadu one day service, PN Cibinong telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta beberapa Camat dan Kepala Desa di kabupaten Bogor dalam rangka persiapan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Rapat ditutup oleh PLT Bupati Bogor Ibu Hj. Nurhayanti dengan kesimpulan bahwa jajaran aparat penegak hukum siap untuk mendukung kegiatan pengamanan khususnya pengamanan menjelang kegiatan pemilihan kepala desa serentak tanggal 21 Desember 2014, perayaan hari raya natal 2014 serta pesta perayaan tahun baru 2015. Khusus mengenai penanganan para PKL liar, Pemkab Bogor akan menindaklanjutinya sesuai dengan Kepres No 1 Tahun 2005, dimana Pemkab Bogor akan melakukan Pendataan, pendaftaran dan Penataan para perdagangan kaki lima dengan penawaran Win Win Solution. Terkait tanggapan dari Ketua Pengadilan Negeri Cibinong mengenai belum adanya Perda terkait regulasi Perda tentang Miras, Pemda Bogor akan berkordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyusun Perda tentang Minuman Keras tersebut.