Senin, 10 Nopember 2014, Ketua Pengadilan Negeri Cibinong Ibu Hj. Diah Sulastri Dewi, SH., MH menghadiri Rapat Fasilitasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Bogor yang diadakan di Gedung Serba Guna II Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor.

Hadir dalam acara rapat tersebut Wakil Bupati Bogor, Ibu Hj. Nurhayanti, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Komandan Kodim 0621 Cibinong, Kepala Kajari Cibinong, Kapolres Bogor, Kapolres Depok, Komandan Kodim 0508 Depok, Sekda Kab. Bogor, Kepala SKPD sekabupaten Bogor, Dirut BUMD, Camat Sekabupaten Bogor serta Kepala Desa/Lurah Sekabupaten Bogor.

Agenda Rapat kali ini membahas 3 agenda penting yakni :

  1. Kebijakan Pemda Bogor dalam Pembangunan Desa dan Kelurahan berupa Bantuan Infrastruktur, Rutilahu, Pelayanan Kesehatan dan Alokasi Keuangan Desa dan Kependudukan).
  2. Optimalisasi pendapatan Daerah dari Pajak dan Retribusi
  3. Pengawasan terhadap Bangunan Liar
  4. Rapat dibuka dengan sambutan Wakil Bupati Bogor Ibu Hj. Nurhayati yang kembali menyampaikan tentang Visi dan Misi Kabupaten Bogor serta Langkah-Langkah Pencapaiannya serta Pencirian atau karakter / jatidiri Kabupaten Bogor kepada Peserta Rapat. Yang dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua DPRD Kabupaten Bogor Bapak Ade Ruhandi, SE.
  5. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Negeri Cibinong menyampaikan bahwa Pengadilan Negeri Cibinong mendukung tercapainya Visi Kabupaten Bogor yakni “Menjadi Kabupaten Termaju di Indonesia” dengan jalan turut meningkatkan pelayanan publik dibidang hukum dan keadilan bagi para pencari keadilan. Salah satu program jangka pendek terkait peningkatan pelayanan publik yang sudah dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri Cibinong adalah Pelayanan Satu Pintu atau One Door Service untuk Pelayanan Persidangan sehingga Pelayanan Persidangan di Pengadilan Negeri Cibinong saat ini menjadi lebih baik dan lebih cepat.
  6. Ketua Pengadilan Negeri Cibinong juga menyampaikan bahwa Para Kepala Desa atau Lurah merupakan Kepanjang tanganan dari jurusita Pengadilan Negeri Cibinong dalam hal yang berkaitan dengan permasalahan panggilan kepada para pihak yang beracara di pengadilan negeri cibinong yang melibatkan penduduk dimasing-masing Desa atau Kelurahan. Hal ini berarti Kepala Desa /Lurah mempunyai peran yang sangat penting dalam proses persidangan dan tercapainya keadilan yang tepat waktu karena keadilan yang tertunda bukan keadilan (Justice Delay is Justice Denied).
  7. Selanjutnya, dalam memberikan pelayanan publik terbaik untuk masyarakat kabupaten Bogor, Pengadilan Negeri Cibinong juga mempunyai program Sidang Keliling Terpadu dengan Pelayanan satu hari (One Day Service) untuk memberikan hak-hak Identitas Hukum bagi masyarakat tidak mampu berupa pencatatan perkawinan dan perceraian yang belum dicatatkan di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan serta pencatatan identitas anak bagi anak yang tidak jelas asal usulnya. Pengadilan Negeri Cibinong telah membentuk Pokja (Kelompok Kerja) terkait pelaksanaan program ini yang pelaksanaannya direncanakan akan dilaksanakan pada awal tahun 2015. Untuk terlaksananya Program ini, Pengadilan Negeri Cibinong mengharapkan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan semua pihak terkait mulai dari perangkat Desa, Kelurahan dan Kecamatan, sampai dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Pengadilan Agama, Kementrian Agama Kabupaten Bogor.
  8. Wakil Bupati Bogor menanggapi positif atas Program kerja Pengadilan Negeri Cibinong dan berharap kerjasama yang baik ini terus dapat ditingkatkan demi pelayanan terbaik kepada Masyarakat Kabupaten Bogor.